Monday, October 13, 2014

Bagian – bagian Hardware Komputer

Bagian – bagian Hardware Komputer

A. Perangkat Utama:
1             Monitor
2.            CPU (Central Procesing Unit )
3.            Keyboard
4.            Mouse

B. Perangkat Tambahan Komputer :
1.            Speaker Aktif
2.            Printer 
3.            Scanner
4.            Modem
5.            Fax
6.            LCD Projector
7.            dll


PENJELASAN

1.            MONITOR Komputer

Adalah perangkat keluaran (Output)  yang menampilkan gambar, tulisan, video atau efek tampilan lain yang dihasilkan dari Central Procesing Unit (CPU) melalui port VGA.

Monitor Komputer ada 2 jenis :

1.            Monitor  CRT

Adalah jenis monitor yang di design dengan Teknologi Pancaran Sinar katoda ( Cathode Ray Tube ) . Janis monitor ini sekarang sudah mulai kurang diminati , orang mulai beralih ke jenis monitor LCD . Beberapa kekurangan yang ada pada jenis monitor CRT adalah kebutuhan data listriknya yang lebih tinggi dibanding monitor LCD, serta Radiasi sinar katodanya yang dapat menggangu kesehatan mata .  Daya Listrik yang dibutuhkan antara 60 – 120 Watt .

2.            Monitor LCD
Adalah jenis monitor yang di design dengan teknologi Crystal cair (Liqiud Crystal Display). Tidak ada bahaya radiasi pada teknologi ini . Kebutuhan dayanya cukup rendah antara 10 – 20 Watt . Dari sisi harga monitor LCD lebih mahal dari monitor CRT.


2.            CPU (Central Processing Unit )

Central Processing Unit (CPU) adalah perangkat keras utama dari computer yang berfungsi sebagai pusat memproses/pengolah data dari dari input / perintah yang kita berikan . Hasil proses data atau perintah yang telah diolah oleh CPU akan ditampilkan melalui layer monitor.
Di dalam CPU terdapat komponen-komponen Hardware penting lainnya seperti :

-              Mainboard / Matherboard
-              RAM
-              Processor
-              Hardisk
-              Floppy Disk
-              CD/DVD Room / RW
-              Power Suplay
-              Batere CMOS, dll

3.            Keyboard

Adalah papan ketik yang berisi asterisk dari huruf, angka, symbol dan tanda baca lainnya . Keyboard merupakan komponen masukan (input) dari perintah perintah/data yang kita berikan pada computer lalu diolah oleh CPU dan hasilnya (output) ditampilkan oleh monitor, printer, scanner, speaker dan lain sebaginya.

4.            Mouse

Sesuai dengan namanya mouse bentuknya seperti tikus, merupakan komponen input yang berupa pointing/arrow yang dapat kita arahkan ke titik perintah tertentu dengan cara menggeser-geser permukaan bagian bawah mouse. Pada teknologi sebelumnya untuk menggeser-geser pointing mouse, bagian bawah mouse menggunakan bola kecil. Tetapi sekarang telah digunakan teknologi Optical Mouse, yaitu pointing mouse dikendalikan dengan sinar infra merah.


0 comments:

Post a Comment