Wednesday, December 10, 2014

RANGKUMAN






Home automation adalah suatu sistem yang membuat rumah atau tempat tinggal dapat melakukan banyak pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh para manusia menjadi serba otomatis. Oleh karena itu, diperlukan sebuah program untuk mendukung otomatisasi. Hal ini dapat dianalogikan bahwa di dalam rumah atau tempat tinggal terdapat robot untuk mempermudah melakukan semua pekerjaan rumah tangga .


Apakah sistem home automation sulit digunakan untuk rumah atau perkantoran?
Apabila sistem diaplikasikan di rumah akan lebih mudah dibandingkan dengan di gedung perkantoran. Meskipun terlihat mudah tetapi tetap saja dibutuhkan program yang banyak. Akan lebih mudah lagi jika diaplikasikan pada rumah yang belum dibangun karena dapat direncanakan tujuan sistem tersebut dan posisinya agar terlihat rapi dan efisien dibandingkan dengan pengaplikasian pada rumah yang sudah jadi karena akan membuhkan proses ynang rumit sehingga besar kemungkinan hasilnya tidak rapi dan tidak efisien.

Apakah sistem ini dapat menghemat energi ?

Sistem ini dapat kita program agar dia selalu mematikan dan menghidupkan lampu pada jam jam tertentu yang kita mau.

Selain menghemat energi ,apa saja keuntungan lain dari sistem ini?

Menghemat keuangan pemilik rumah tersebut dikemudian hari setelah memakai sistem ini.Karena meskipun harga dari sistem ini membutuhkan dana yang banyak tetapi nantinya kita mendapatkan keuntungan yang lebih.
Efisien waktu dan tenaga.Kita tidak perlu repot repot mematikan lampu dan sebagainya tetapi sistem ini lah yang nantinya akan mematikan alat elektronik yang sudah tidak kita pakai lagi secara otomatis.
Memberikan rasa aman dan nyaman bagi si pemilik rumah tersebut.
Sistem home automation ini memberikan banyak sekali kemudahan dan juga kebahagiaan tersendiri karena kita dapat menggunakan sistem ini dengan menggunakan peralatan seperti:

o   Melalui handphone via sms
o   Melalui remote kontrol infra red
o   Melalui sensor
o   Melalui e-mail
o   Melalui keypad khusus
o   Melalui touchscreen
o   Memakai kartu tanda pengenal
Sebutkan salah satu alat yang termasuk dalam sistem home automation ini ?

Contohnya adalah Alat yang dikeluarkan oleh Speedy yang berupa camera pengintai (CCTV) yang berbasis IP yang hasilnya bisa langsung dilihat oleh pengguna alat ini melalui internet.


Smarthome merupakan sebuah sistem otomatisasi (home automation) untuk memudahkan kontrol perangkat- perangkat elektronik didalam rumah. Mengapa sistem Smarthome diperlukan ? Sistem Smarthome dapat memberikan kenyamanan (comfort), kemudahan (convenience), efisiensi energi (energy saving) dan keamanan (security).
Smarthome mengintegrasikan perangkat listrik satu sama lain di dalam sebuah rumah. Perangkat juga dapat dihubungkan melalui SMS untuk dapat dikontrol melalui Handphone, memungkinkan akses remote dari Handphone dan menciptakan sebuah peralatan yang dapat berkomunikasi secara terpadu dan terkoordinir.
Dalam segi comfort dan convenience, yang dapat diotomatisasikan diantaranya adalah lighting control (lampu), air conditioning ( pendingin ruangan / AC ), CCTV, Hordeng Otomatis, Perlengkapan Home- Entertainment dan peralatan elektronik lainnya yang terhubung ke sistem smarthome tersebut. Dengan hanya mengkontrol dan menyalakan perangkat listrik waktu diperlukan, terjadi juga suatu penghematan energy (energy savings) yang berarti penghematan anggaran bulanan anda.
Selain memudahkan, Sistem Smarthome / 'Home Automation' juga dapat memberikan fitur keamanan yang extra. Contohnya, sebuah rumah dengan sistem smarthome yang ditinggalkan kosong waktu berlibur dapat mengirimkan SMS ketika seseorang tak dikenal masuk. Sistem bisa megirim SMS kepada pemilik rumah, atau tetangga, atau nomor darurat.



Wireless sensor network (WSN) adalah suatu infrastruktur jaringan wireless yang menggunakan sensor untuk memonitor kondisi fisik dan lingkungan sekitar, seperti sensor suhu, suara, getaran,tekanan, gerakan, gelombang elektromagnetik, dan lainnya yang terhubung ke jaringan. Sensor-sensor tersebut akan mengubah data analog ke data digital. Selanjutnya data dikirim ke suatu node melalui media komunikasi yang digunakannya, seperti bluetooth, infrared, dan Wifi. Masing–masing node dalam jaringan sensor nirkabel dilengkapi dengan radio tranciever atau alat komunikasi wireless lainnya, mikrokontroler kecil, dan sumber energi  (biasanya baterai).

Tipe sensor beserta contohnya yang bisa digunakan pada wireless sensor network :

Tipe Sensor  =             Contoh Sensor
Temperatur =              Thermistor, thermocouple
Tekanan       =             Pressure gauge, barometer, ionization gauge
Optik            =             Photodiodes, phototransistors, infrared sensors, CCD sensors
Akustik Piezoelectric resonators, microphones
Mekanik      =              Strain gauges, tactile sensors, capacitive diaphragms, piezoresistive

Prinsip Kerja Wireless Sensor Network :
o   Sensorboard  mengumpulkan data berupa intensitas cahaya, temperatur, kelembaban, ataupun pergerakan objek dalam ruangan.
o   Mote kemudian mengirimkan data sensing ke gateway.
o   Gateway mengolah data sensing dan mengirimkannya ke server.
o    Server memproses data dari gateway untuk ditampilkan. Bila sensor melaporkan parameter yang melewati batasan yang ditentukan, server memberi perintah pada kontroler.
o   Kontroler mengendalikan switch untuk menaikkan atau menurunkan kinerja peralatan
listrik.



Biometrik (berasal dari bahasa Yunani bios yang artinya hidup dan metron yang artinya mengukur). Adalah studi tentang metode otomatis untuk mengenali manusia berdasarkan satu atau lebih bagian tubuh manusia atau kelakuan dari manusia itu sendiri. Dalam dunia TI, biometrik relevan dengan teknologi yang digunakan utnuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia untuk autentifikasi. Contohnya dalam pengenalan fisik manusia yaitu dengan pengenalan : Sidik jari, Retina/iris, Pola dari wajah (facial patterns), Tanda tangan dan cara mengetik (typing patterns), Suara, tanda tangan atau irama dalam menulis (perilaku).
Yang dilakukan, sederhananya, adalah mencocokkan gambaran digital dari karakter-karakter yang diamati dengan dengan rekaman karakter di gudang data (database). Komputer memungkinkan pencocokkan itu berlangsung lebih cepat.

Cara kerja teknologi keamanan yang satu ini hampir sama dengan teknologi keamanan lain yang sangat bergantung kepada sensor. Sendor yang digunakan pada teknologi biometrics cenderung mahal dan semakin akurat ketajamannya maka akan semakin mahal.
Selain sensor, bagian yang tidak kalah penting dari biometrics adalah data.Bagaimana Anda menyimpan data pada sebuah sistem sangat penting.Sebab biometrics adalah teknologi kemungkinan adanya penyusup ke sistem ini akan lebih besar.

Manfaat Identifikasi Biometrik Bagaimana Anda mengenali seseorang? Anda hanya “melihatnya”- nya. Dan otak Anda memberitahu Anda apakah Anda tahu bahwa ada orang atau tidak.Ketika saya mengatakan “lihat”, saya berarti bahwa Anda mempelajari fitur dari orang yang, jika Anda tahu dia, maka Anda sudah akan memiliki citra orang ini dalam otak Anda, jika apa yang Anda “melihat” cocok dengan gambar di pikiran Anda , Anda mengenali orang, lain Anda istilah dia sebagai orang asing. Nah, sistem biometrik


0 comments:

Post a Comment